10
Nov

Oh Sky, Oh Missile Bagian 2

Written by admin


C. Membuat tampilan game saat dimainkan

27. Klik frame 7 layer batas agar anda aktif di layer tersebut. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna biru tua (#000066) dengan panjang 550 pixel dan lebar 47.8 pixel. Seleksi persegi panjang ini dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan batas sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.

28. Seleksi movie clip batas dan tekan Ctrl+D sebanyak 3 kali sehingga di stage muncul 4 buah movie clip batas. Seleksi 2 movie clip batas dan pada panel properties ubah menjadi W = 0, H = -47.8, X = 0, Y = 302.3

29. Seleksi 2 buah movie clip batas sisanya dan pada panel properties ubah settingannya menjadi W = 47.8, H = 350.1

30. Letakkan kedua buah movie clip batas yang berbentuk tegak ini masing-masing pada posisi x = -47.8, y = 0 dan  x = 550, y = -0.1

31. Sehingga stage akan terlihat seperti ini :

batas

32. Klik frame 7 layer karakter agar anda aktif di layer tersebut. Buatlah sebuah pesawat seperti gambar di bawah ini :

pemain

33. Seleksi pesawat tersebut dan tekan Ctrl+G. Kemudian buatlah sebuah persegi panjang berwarna biru. Seleksi persegi panjang ini dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kotak sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.

34. Atur letak dan ukuran movie clip kotak ini sehingga menutupi gambar pesawat yang kita buat di atas namun ekor/asap pesawat jangan sampai tertutupi. Pastikan anda masih menyeleksi movie clip kotak ini masukkan area sebagai instance name kemudian ubah Color pada panel properties menjadi 0%.

pemain2

35. Seleksi pesawat dan movie clip kotak ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.

36. Seleksi movie clip pemain dan pada panel properties masukkan pemain sebagai instance name. Letakkan movie clip pemain ini di stage sesuai keinginan anda.

37. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna linear (#666666 dan #999999) dan pada panel properties ubah menjadi W = 434.8, H = 48.4, X = 0, Y = 301.6 atau atur letaknya hingga menutupi movie clip berinstance name bawah.

38. Buatlah sebuah garis dengan ketebalan 3 berwarna kuning dan pada panel properties ubah settingannya menjadi W = 373.1, H = 0, X = 32.7, Y = 373.2

39. Buatlah 2 buah static text masing-masing bertuliskan Start dan Finish. Seleksi static text bertuliskan Start dan pada panel properties ubah menjadi x = 16 dan y = 301.6 Seleksi static text bertuliskan Finish dan pada panel properties ubah settingannya menjadi x = 386.6 dan y = 301.6

40. Seleksi movie clip pemain di stage kemudian tekan Ctrl+D sekali. Seleksi hasil duplikasi movie clip pemain kemudian pada panel properties ubah instance namenya menjadi settingannya mini, H = 51.5, H = 17, x = 11.4, Y = 320.1

41. Buatlah sebuah garis berwarna #666666. Seleki garis ini dan pada panel properties ubah settingannya menjadi W = 0, H = 48.4, X = 434.8, Y = 301.6

42. Buatlah sebuah dynamic text. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkan life_tampil sebagai var, W = 114.1, H = 21.1, X = 435.9, Y = 303.9

43.Buatlah sebuah dyanmic text. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkan skor_tampil sebagai var, W = 114.1, H = 21.1, X = 435.9, Y = 327.3 Kurang lebih stage pada frame 7 akan terlihat seperti di bawah ini :

ingame

44. Buatlah sebuah awan berwarna putih dengan alpha 40% seperti gambar di bawah ini. Seleksi awan tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan awan sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok. Hapus movie clip awan ini dari stage.

awan

45. Buatlah sebuah misil seperti gambar di bawah ini. Seleksi misil tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan misil sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.

misil

46. Klik kanan movie clip misil dan pilih Edit in Place maka anda akan masuk ke dalam stage movie clip misil ini. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
//menghentikan agar tidak memainkan frame berikutnya
stop();

47. Klik kanan frame 2 dan pilih Insert Blank Keyframe. Buatlah sebuah lingkaran berwarna kuning. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ledakan sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.

48. Seleksi movie clip ledakan dan pada panel properties ubah menjadi W = 75.1, H = 75.1, X = -37.5, Y = -37.5

49. Klik kanan frame 5 dan pilih Insert KeyFrame. Seleksi movie clip ledakan di frame 5 dan pada panel properties ubah menjadi W = 130.8, H = 130.8, X = -65.4, Y = -65.4

50. Klik kanan frame 2 dan pilih Create Motion Tween. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1. Hapus movie clip misil dari stage.

51. Buatlah sebuah koin seperti gambar di bawah ini. Seleksi koin tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan koin sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok. Hapus movie clip koin ini dari stage.

koin

Bersambung ke bagian 3





Apakah tutorial di atas menarik atau bermanfaat bagi anda? Bantulah Warung Flash agar tetap ada dan memberikan tutorial-tutorial yang lebih bagus dan bermanfaat lagi. Silahkan klik link berikut ini untuk lebih jelasnya : Bantu Warung Flash



Bookmark and Share

2 Responses to “Oh Sky, Oh Missile Bagian 2”

  1. dyno Says:

    sumpah keren bgt..
    =DV

  2. jay Says:

    ketingglan neh mana bagian pertama nya,,,,,,,,

Leave a Reply

B-) =DV <:-P ;)) ;) :yeye: :respect: :peace: :p :idea: :hope: :I: :D :-SS :-? :-/ :)) :) :(( 8-> more »

Komentar yang berisi pertanyaan atau request tutorial kemungkinan besar tidak bisa kami jawab dan penuhi. Hal ini dikarenakan kesibukan kami yang padat . Oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertiannya.