08
Oct

_x dan _y

Written by admin


_x digunakan untuk menentukan koordinat x suatu objek sedangkan _y digunakan untuk menentukan koordinat _y suatu objek. Biasanya semakin ke atas nilai koordinat y semakin besar dan semakin ke bawah nilai koordinat y semakin kecil, namun di flash terdapat sedikit perbedaan. Anda dapat melihat perbedaannya di Posisi X Dan Y di Flash. Penulisannya :

1
2
_x = nilai
_y = nilai

nilai = angka koordinat yang anda inginkan.

Jika _x/_y tersebut ditujukan untuk movie clip/button maka tambahkan instance name di depannya. Contoh kepala._x = 10; atau kepala._y = 10;

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh berikut :

1. Buatlah sebuah flash document berukuran 400×400 pixel.

2. Buatlah sebuah lingkaran berwarna merah dengan hitam sebagai warna garisnya.

3. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type dan pastikan titik registrationnya berada ditengah-tengah lalu tekan ok.

4. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan lingkaran sebagai instance name. Letakkan movie clip lingkaran di stage bagian kiri atas.

5. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
3
4
//ubah letak koordinat x movie clip lingkaran pada posisi 200
lingkaran._x = 200;
//ubah letak koordinat y movie clip lingkaran pada posisi 200
lingkaran._y = 200;

6. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

7. Terlihat movie clip lingkaran yang tadinya berada di stage bagian kiri atas sekarang berada di tengah-tengah stage.

8. Berikut ini contoh yang lain berupa pengacakan letak koordinat x dan y movie clip lingkaran.

Sourcenya dapat di download di sini





Apakah tutorial di atas menarik atau bermanfaat bagi anda? Bantulah Warung Flash agar tetap ada dan memberikan tutorial-tutorial yang lebih bagus dan bermanfaat lagi. Silahkan klik link berikut ini untuk lebih jelasnya : Bantu Warung Flash



Bookmark and Share

3 Responses to “_x dan _y”

  1. hakay Says:

    hy :peace:

  2. Bovie Says:

    mas admin kalo enggak salah ada tutorial yang sama kayak gini tapi lingkaran yang dirandom warna merah dan kecil.

    saya mau tanya.
    jadi saya sedang mengerjakan penulisan ilmiah tentang peta buta, nah misalkan peta buta DKI jakarta bila ditekan tombol “acak” akan ada lingkaran kecil warna merah yang bergerak random (seperti diatas) tapi sesuai dengan daerah2 di jakarta (tidak keluar peta).

    lalu sekitar 3-5 detik acakan itu berhenti disalah satu daerah misalnya “mampang” lalu user akan mengisikan jawaban dikolom yang sudah tersedia.
    nah cara random yang sesuai dan pas buat peta tersebut kira2 bagaimana ya bikinnya?
    mohon pencerahannya =)

    terima kasih.

  3. iman Says:

    mas mau tanya nih kalau ingin memberhentikan obyek yang berputar sambil mengklik salah satu tombol gimana ya.. kalo ga keberatan bisa dilihat di sini
    http://h1.ripway.com/iman2602/tombol putar.swf
    makasih sebelumnya

Leave a Reply

B-) =DV <:-P ;)) ;) :yeye: :respect: :peace: :p :idea: :hope: :I: :D :-SS :-? :-/ :)) :) :(( 8-> more »

Komentar yang berisi pertanyaan atau request tutorial kemungkinan besar tidak bisa kami jawab dan penuhi. Hal ini dikarenakan kesibukan kami yang padat . Oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertiannya.