17
Sep

Enabled

Written by admin


Enabled digunakan untuk mengatur suatu button agar dapat di tekan (apabila bernilai true) atau tidak dapat ditekan (apabila bernilai false). Secara default, enabled sebuah button bernilai true. Jadi anda tidak perlu memberikan script ini apabila anda ingin membuat suatu button dapat ditekan kecuali jika sebelumnya enabled button tersebut bernilai false. Penulisannya :

1
2
3
4
5
//membuat button dapat ditekan
instancae_name.enabled = true
 
//membuat button tidak dapat ditekan
instancae_name.enabled = false

instance_name = instance name yang anda berikan pada button

Untuk lebih jelasnya silahkan buat tombol sesuai langkah-langkah di bawah ini :
1. Buatlah sebuah flash document.

2. Buatlah sebuah dynamic text bertuliskan Tombol. Seleksi dynamic text tersebut dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang nonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombol show border around text.

3. Pastikan anda masih menyeleksi dynamic text bertuliskan Tombol, lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan tombol sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.

4. Seleksi button tombol di stage dan masukkan tombol sebagai instance name pada panel properties.

5. Klik kanan button tombol dan pilih Edit untuk masuk ke dalam stagenya. Klik kanan frame Over dan pilih Insert Keyframe. Klik kanan frame Down dan pilih Insert Keyframe.

6. Ubah warna huruf dynamic text pada frame Over menjadi berwarna merah. Ubah warna huruf dynamic text pada frame Down menjadi berwarna biru. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1.

7. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
//button berinstance name tombol tidak dapat ditekan
tombol.enabled = false;

8. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya :

9. Ketika kursor mouse berada di atas button seharusnya button tersebut berwarna merah dan apabila ditekan button tersebut berwarna biru. Tetapi yang terjadi tidak demikian, hal ini disebabkan karena button tersebut tidak dapat ditekan (enabled bernilai false).

10. Contoh yang lainnya, silahkan cari perbedaan antara kedua tombol di bawah ini :

Sourcenya dapat di download di sini





Apakah tutorial di atas menarik atau bermanfaat bagi anda? Bantulah Warung Flash agar tetap ada dan memberikan tutorial-tutorial yang lebih bagus dan bermanfaat lagi. Silahkan klik link berikut ini untuk lebih jelasnya : Bantu Warung Flash



Bookmark and Share

2 Responses to “Enabled”

  1. Anhar Tasman Says:

    Owh jadi gitutoh caranya supaya tombol gak bisa diklik

    Makasih ya

  2. Pandu Dryad Says:

    Wah sip gan..
    Bookmark dulu nanti dicoba :D

Leave a Reply

B-) =DV <:-P ;)) ;) :yeye: :respect: :peace: :p :idea: :hope: :I: :D :-SS :-? :-/ :)) :) :(( 8-> more »

Komentar yang berisi pertanyaan atau request tutorial kemungkinan besar tidak bisa kami jawab dan penuhi. Hal ini dikarenakan kesibukan kami yang padat . Oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertiannya.