25
Mar

Mengulang gerakan objek

Written by admin


Kali ini kita akan membuat sebuah gerakan movie clip yang dapat diputar ulang. Cara kerjanya mudah, anda hanya cukup mendrag gambar dan gerakkan gambar tersebut. Lepaskan tekanan pada mouse untuk melihat ulang gerakan gambar yang tadi anda gerakkan

1. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini :

gambar

Objek yang digambar

2. Seleksi gambar tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.

3. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan lingkaran ke dalam kotak Instance Name di panel properties.

4. Klik frame 1 dan tekan F9. pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
//membuat array baru bernama simpanx
simpanx = new Array();
//membuat array baru bernama simpany
simpany = new Array();
//ketika movie clip lingkaran ditekan
lingkaran.onPress = function() {
	//movie clip ini dapat didrag
	startDrag(this);
	//ubah jumlah angka di dalam simpanx menjadi 0
	simpanx.length = 0;
	//ubah jumlah angka di dalam simpany menjadi 0
	simpany.length = 0;
	//ubah nilai variable rekam menjadi true
	rekam = true;
};
//ketika tekanan pada movie clip ini dilepaskan
lingkaran.onRelease = function() {
	//movie clip ini tidak dapat didraf
	stopDrag();
	//ubah nilai variable mainkan menjadi true
	mainkan = true;
	//ubah nilai variable penghitung menjadi 0
	penghitung = 0;
};
lingkaran.onEnterFrame = function() {
	//jika nilai variable rekam bernilai true
	if (rekam) {
		//tambahkan nilai koordinat x movie clip ini ke dalam simpanx
		simpanx.push(this._x);
		//tambahkan nilai koordinat y movie clip ini ke dalam simpany
		simpany.push(this._y);
	}
	//jika nilai variable mainkan bernilai true     
	if (mainkan) {
		//ubah nilai variable rekam menjadi false
		rekam = false;
		//posisi x movie clip ini sama dengan angka yang tersimpan di dalam simpanx yang diurutkan dari pertama
		this._x = simpanx[penghitung];
		//posisi y movie clip ini sama dengan angka yang tersimpan di dalam simpany yang diurutkan dari pertama
		this._y = simpany[penghitung];
		//jika nilai dari variable penghitung kurang dari jumlah angka di dalam simpanx dan nilai dari variable penghitung kurang dari jumlah angka di dalam simpany
		if (penghitung<simpanx.length && penghitung<simpany.length) {
			//nilai variable penghitung ditambah 1
			penghitung++;
		} else {
			//ubah nilai variable mainkan menjadi false
			mainkan = false;
		}
	}
};

5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Drag dan gerakkan gambar di dalam stage lalu lepaskan.

Sourcenya dapat di download di sini





Apakah tutorial di atas menarik atau bermanfaat bagi anda? Bantulah Warung Flash agar tetap ada dan memberikan tutorial-tutorial yang lebih bagus dan bermanfaat lagi. Silahkan klik link berikut ini untuk lebih jelasnya : Bantu Warung Flash



Bookmark and Share

2 Responses to “Mengulang gerakan objek”

  1. rizaal Says:

    :D weeeeiiiiiiihhh……..

    bagussss keren……

    coba aaahhh…………. makasih tutorialnya…………….

  2. CHRIS Says:

    Lucu.. .. KereeEEnN

Leave a Reply

B-) =DV <:-P ;)) ;) :yeye: :respect: :peace: :p :idea: :hope: :I: :D :-SS :-? :-/ :)) :) :(( 8-> more »

Komentar yang berisi pertanyaan atau request tutorial kemungkinan besar tidak bisa kami jawab dan penuhi. Hal ini dikarenakan kesibukan kami yang padat . Oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertiannya.